New Obsolescence: ADITYAVOVALI, Pameran Tunggal Aditya Novali Bersama ROH

Tanamtumbuh Media
2 min readMar 30, 2023
Tampak Instalasi Pameran New Obsolescence: ADITYAVOVALI. Foto Milik ROH

ROH dengan bangga menghadirkan pameran tunggal Aditya Novali. Menyusun kembali dari kepingan yang tak sepenuhnya tepat. Pada pameran ini Novali membedah suatu arsip video pada rekaman kaset Betamax tanggal 17 Juni 1989 yang menampilkan pertunjukkan Novali serta dua kelompok penampil lainnya.

New Obsolescence: ADITYAVOVALI merupakan pameran tunggal pertama Aditya Novali di ROH serta pameran tunggalnya yang ketiga. New Obsolescence, mengandung makna kontradiktif, ketika sesuatu yang usang dimaknai sebagai yang baru, sedang bagian kedua, ADITYAVOVALI, merujuk pada kesalah-penulisan nama Novali pada kredit pembuka video. Pada pameran ini, Novali membedah suatu arsip video pada rekaman kaset Betamax tanggal 17 Juni 1989 yang menampilkan pertunjukkan Novali serta dua kelompok penampil lainnya dengan mempertunjukkan penampilan wayang tunggal di Istana Negara di hadapan tamu kenegaraan.

Video yang direkam dalam kaset Betamax ini menelusuri akar estetika Novali yang kemudian membawa kita pada berlapis situasi geopolitik Indonesia yang kompleks, jejak-jejak peninggalan kolonial serta situasi sosial yang kompleks pada masa itu. Rekaman dimulai dengan suatu kredit pembuka yang memperkenalkan daftar penampil yang akan muncul dan menjadi fokus video, suatu paduan suara anak laki-laki asal Austria dan seorang dalang cilik yang menariknya disebut sebagai Adityavovali. Bagian introduksi ini rupanya mengandung dua komponen janggal, pertama penulisan nama Aditya Novali yang salah dan bahwa pertunjukan orkestra angklung yang tampil sebelum Novali malah tidak disebut.

Tampak Instalasi dan Pengunjung Pameran New Obsolescence: ADITYAVOVALI. Foto Muhammad Barly/ Tanamtumbuh Media

Sang seniman meramu tangkapan dari kredit video, keseluruhan rekaman, hingga galat layar (glitch) ke dalam kerangka lukisan rotatable, medium yang khas dengan Novali. New Obsolescence: ADITYAVOVALI dikuratori oleh Diana Campbell akan resmi dibuka pada 11 Maret dan untuk umum sejak 15 Maret hingga 7 Mei 2023. Kunjungi situs resmi galeri www.rohprojects.net dan ikuti akun Instagram galeri @rohprojects.

Aditya Novali sendiri bekerja dalam berbagai medium, diantaranya instalasi, performans, lukisan, dan patung. Proses berkaryanya kerap diawali dengan merampungkan ide sebelum mencari metode yang sepadan untuk merealisasikannya. Novali telah berpartisipasi dalam sejumlah pameran mancanegara, beberapa diantaranya adalah pameran survei paruh-karir WHY di Tumurun Private Museum, Surakarta, Indonesia (2022); presentasi kelompok terkemuka dalam Dhaka Art Summit: বন্যা/Bonna di Dhaka, Bangladesh (2023); On Muzharul Islam: Surfacing Intention sebagai bagian dari Dhaka Art Summit di Dhaka, Bangladesh (2020) dan lain-lain.

--

--