Persepsi Ekshibisi, Pameran Ajang Selebrasi Hasilkan Karya yang Orisinil dan Otentik

Tanamtumbuh Media
2 min readMar 28

--

Setiap perancang memiliki nilai, potensi, dan ciri diri yang unik. Persepsi Ekshibisi menjadi kesempatan untuk berjejaring dan merayakan kreativitas bersama.

Tampak Pameran Persepsi Ekshibisi. Foto Milik Persepsi Ekshibisi

Persepsi Ekshibisi, sebuah pameran ajang selebrasi karya yang dirancang oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta angkatan 2020. Pameran ini digelar secara umum pada tanggal 17–19 Maret 2023 lalu, berlokasi di Belazo Art Space, Karanganyar, Jawa Tengah.

“Persepsi” sendiri diambil sebagai tema pada pameran ini yang mana bertujuan untuk merancang dan menciptakan makna informasi dengan sepenuh hati, memiliki makna khusus dan unik melalui media karya seni desain.

Setiap perancang memiliki nilai, potensi, dan ciri diri yang unik. Potensi tersebut yang kemudian diasah untuk mengeksplorasi ide-ide liar dan diwujudkan menjadi rancangan nyata dan epik, sehingga membentuk identitas yang otentik dan khas bagi perancang tersebut. Pameran Persepsi Ekshibisi ini menjadi kesempatan untuk berjejaring serta merayakan kreativitas.

Tampak Kegiatan Pameran Persepsi Ekshibisi. Foto Milik Persepsi Ekshibisi

Pada pameran ini, lebih dari tiga puluh karya desain dipamerkan dalam berbagai jenis display dan media artistik instalasi seni rupa. Dari tema ekshibisi yang digelar ini, mahasiswa DKV menghasilkan sebuah pameran yang orisinil, kritis, dan berdasar pada potensi masing-masing perancang dari ISI Surakarta.

Selain pameran Persepsi Ekshibisi utama yang terbuka untuk umum, ada pula rangkaian Talkshow Diskusi Desain dan Gelar Wicara yang dilakukan ditengah-tengah ekshibisi. Mengundang narasumber dari berbagai macam latar belakang industri kreatif dan desainer–artist yang membawakan topik dan isu desain terkini. Mulai dari Rune & Nick, seorang Street Artist, Fadhl Haqq, seorang perancang huruf di scriftlabor, hingga Dimas Nur Cahyo & Nandhapra dari Lokakola.

--

--