Proyek Bertanya Bersama Andi Rahmat

Tanamtumbuh Media
2 min readFeb 3, 2023

Berawal dari Profesi, Kegelisahan, dan Definisi Desain dalam NUSAE Hingga Pertemuannya dengan Menuju Tubaba.

Andi Rahmat Founder & Principal Design NUSAE. Foto milik NUSAE

Berawal dari sebuah kegelisahan terhadap profesi dan dampak dari profesi seorang desainer grafis. Andi Rahmat mencoba mengembangkan hal yang ia percaya lewat NUSAE, sebuah desain menurutnya adalah satu dari banyak hal untuk menggambarkan sebuah medium dan menjadi representatif sebuah karya. NUSAE percaya bahwa desain yang baik tidak berdiri sendiri namun juga selaras dengan hal lainnya seperti lingkungan, manusia, dan ekonomi.

“Nu Sae” diambil dari bahasa Sunda yang menggambarkan keinginan seorang Andi Rahmat untuk menciptakan sebuah karya desain yang tidak hanya bagus tapi juga baik. Lebih dari itu, arti nama tersebut bermakna sikap, desain yang baik menurut NUSAE adalah desain yang dapat menjawab kebutuhan pengguna, fungsional, dan memberikan nilai lebih bagi para penggunanya, serta fungsinya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Pengalaman menjadi seorang pekerja kreatif membuat Andi Rahmat ingin menuangkan semua idenya lewat NUSAE, sebuah rumah bagi idealisme dan semua cita-citanya untuk membuat sebuah desain yang tidak hanya mengedepankan estetika tapi juga fungsinya.

Pertemuannya dengan Andra Matin membawa NUSAE ke Menuju Tubaba. Menuju Tubaba adalah visi soal ruang hidup baru, kehidupan manusia modern di masa depan, serta banyak cita-cita soal angka harapan hidup yang baik di Indonesia. Menuju Tubaba bagi NUSAE tidak hanya sekedar kata-kata tapi sebuah nilai yang baik bagi kehidupan manusia.

Tampak Bentang Alam Menuju Tubaba. Foto milik NUSAE

Bersama Danny Wicaksono dari Studiodasar, Adri Rekso founder Nationinsights, Fendy Susanto Technical Director of Capital Six, Jordan Marzuki Founder Jordan Edition, dan Gumpita Rahayu Director of Tokotype Studio dengan merekalah NUSAE berkolaborasi untuk mewujudkan mimpi yang perlahan jadi kenyataan.

Pada awalnya, Proyek Menuju Tubaba bagi seorang Andi Rahmat adalah sebuah jawaban atas kegelisahannya tentang alternatif ruang hidup di Indonesia. Pengalamannya tinggal di beberapa kota besar di Indonesia membuatnya memimpikan sebuah daerah yang terbuka bagi para pendatang, kota yang terintegrasi, hal inilah yang disebut sebagai kesamaan visi misi antara NUSAE dan Menuju Tubaba.

Selama berjalan bersama Menuju Tubaba, hingga pada akhirnya mencapai penghargaan di Good Design Awards Jepang. NUSAE bersama Menuju Tubaba dirasakan oleh Andi Rahmat sebagai bentuk kontribusi dirinya untuk Indonesia, untuk Indonesia yang jauh lebih modern.

--

--