The Exploring: HOMLAB

Tanamtumbuh Media
2 min readMar 24, 2023
Tampak Produk Homelab. Foto Milik Homlab

Homlab merupakan sebuah merek lokal yang bergerak di bidang bio-material. Digagas oleh Celine Ariella dan Joshua Aditama, Homlab memproduksi barang-barang biofabrikasi yang menggunakan cangkang telur sebagai bahan utamanya dengan keindahan dan keefektifan dalam prosesnya.

Bermula dari ketertarikan terhadap bioteknologi dan desain produk ramah lingkungan, mereka melakukan eksperimen dengan limbah cangkang telur sebagai outlet kreatif di masa awal-awal pandemi. Melewati masa trial dan error, akhirnya ditemukanlah formula yang tepat untuk membuat eggware.

Homlab menyediakan beragam produk home and living mulai dari lilin, congklak, lampu meja hingga wadah dalam berbagai bentuk. Seluruh produknya terbuat dari cangkang telur yang telah dibersihkan dan diolah dengan material lainnya. Selain itu, tersedia pula gift set dengan berbagai varian. Produk yang dibuat bersifat biodegradable, dapat terurai secara alami dalam waktu relatif cepat sehingga tidak menjadi sampah setelah produk selesai digunakan.

Tampak pengolahan cangkang telur (Kiri) dan produk eggware Homlab(Kanan). Foto Milik Homlab

Dari diciptakannya Homlab, mereka ingin menyebarkan kesadaran kepada publik bahwa limbah dapat menjadi bahan utama dalam pembuatan suatu produk. Homlab berusaha untuk mengaplikasikan material organik dalam produk sehari-hari.

Dengan dipenuhi rasa optimis mereka yakin bahwa di masa mendatang akan lebih banyak produk sehari-hari yang menggunakan material organik sebagai bahan utama. Homlab sendiri akan terus bereksperimen dengan berbagai material limbah organik dan membuat produk-produk lain yang dapat dinikmati sehari-hari.

--

--